Cara Membuat Soal Pilihan Ganda di Google Classroom

Definisi, Fitur dan Cara Membuat Soal Pilihan Ganda di Google Classroom Termudah

Cara Membuat Soal Pilihan Ganda – Pandemi Covid-19 membuat aktivitas masyarakat berubah. Begitu pula aktivitas belajar mengajar yang dilakukan secara online. Terdapat layanan web gratis yang disebut Google Classroom.

Cara Membuat Soal Pilihan Ganda

Banyak belum tahu dan mengerti penggunaannya. Penjelasan dibawah ini bisa memberi informasi seputar definisi, fitur-fitur hingga cara membuat soal pilihan ganda di Google Classroom, yaitu:

Definisi Google Classroom

Seperti namanya, Google Classroom merupakan platform pendidikan gratis berbasis web yang diluncurkan oleh Google. Tujuan dibuatnya adalah mempermudah transmisi file antara guru dan murid.

👉 TRENDING:  Alasan Sinyal Hilang dan Cara Memperbaiki Penangkap Sinyal Hp yang Efektif

Sebagai pengganti kelas offline, Google Classroom menjadi salah satu pilihan terbaik. Membuat, mendistribusikan dan mengerjakan tugas dilakukan tanpa harus bertatap muka.

Google Classroom memungkinkan semua tahapan proses belajar mengajar bisa dilakukan dalam satu aplikasi dan digunakan dimana saja. Aplikasi ini juga memungkinkan para guru membuat materi maupun tugas dan mendistribusikannya.

Murid juga bisa langsung mengakses materi dan mengumpulkan tugas pada web tanpa harus menggunakan kertas.

👉 TRENDING:  Cara Memanggil Wither

Fitur-Fitur Google Classroom

Berikut adalah beberapa fitur pada Google Classroom yang bisa dimanfaatkan.

Tersedia fitur untuk guru dan juga murid. Selain itu, tersedia juga fitur untuk orang tua/wali dan juga fitur untuk pihak administrasi.

  • Fitur untuk guru diantaranya bisa membuat dan mengatur kelas online, membuat tugas dan memberikan penilaian. Dibuat dengan mudah memungkinkan seorang guru tahu cara membuat soal pilihan ganda di Google Classroom dan memberikan hasil penilaian langsung. Guru juga bisa menambahkan materi berupa video dan dokumen yang tersimpan di Google Drive.
  • Fitur untuk siswa/murid adalah bisa mengetahui dan mengerjakan tugas yang diberikan secara real-time. Siswa juga bisa berinteraksi di kelas online dan mengecek hasil perolehan nilai dari guru.
  • Fitur untuk pihak administrasi adalah akses untuk mengatur jadwal belajar mengajar, mempersiapkan kelas. Admin juga memiliki akses untuk menambah atau mengeluarkan anggota dari classroom, baik itu guru maupun murid. Keamanan data siswa dan nilai di Google Classroom juga menjadi tanggung jawab pihak administrasi.
  • Keistimewaan fitur Google Classroom lainnya adalah bisa diakses oleh orang tua murid. Orang tua akan mendapat email pemberitahuan secara rutin tentang aktivitas dan hasil kerja siswa. Semua dilakukan dalam satu platform tanpa harus bertemu di sekolah.

Cara Membuat Soal/Tugas di Google Classroom

Selain sebagai pengganti ruang kelas, Google Classroom juga menyediakan layanan untuk mempermudah guru membuat tugas. Sebagai contoh membuat tugas berupa soal pilihan ganda.

👉 TRENDING:  Cara Menambah Follower Instagram Banyak Tanpa Harus Bayar

Dengan menggunakan fitur pembuatan soal, begini tahapan cara membuat soal pilihan ganda di Google Classroom yang dapat dicoba, antara lain:

  • Login ke akun guru pada Google Classroom.
  • Pilih kelas yang akan diberikan tugas.
  • Pada halaman tugas kelas, klik tombol “Buat” kemudian klik “Pertanyaan”.
  • Buat pertanyaan pada kolom yang disediakan.
  • Pada sisi sebelah kanan kolom pertanyaan, tentukan jenis soal, klik tandai “Pilihan Ganda”.
  • Jika berupa pilihan ganda, maka diperlukan membuat pilihan jawaban. Caranya dengan menuliskan pilihan jawaban di bawah kolom petunjuk.
  • Setelah itu geser pada sisi sebelah kanan untuk mengatur kepada siapa soal tersebut diberikan. Selain itu isi kolom bagian poin dan juga tenggat waktu pengerjaan.
  • Jika sudah dirasa selesai, klik tombol “Tanyakan”.
  • Soal yang dibuat kini secara otomatis akan dikirim kepada kelas tujuan seperti yang diatur sebelumnya.

Platform dari Google yang satu ini menawarkan banyak kemudahan dalam dunia pendidikan. Melalui pembahasan di atas bisa diambil kesimpulan besar manfaat Google Classroom.

👉 TRENDING:  7 Alasan Kenapa WiFi Lemot Padahal Sinyal Full

Serta kemudahan bagi guru dalam cara membuat soal pilihan ganda di Google Classroom maupun tugas siswa lainnya.

Demikianlah Cara Membuat Soal Pilihan Ganda di Google Classroom, Terima kasih sudah berkunjung di lif.co.id, Silahkan berselancar di websitekami untuk menemukan artikel-artikel menarik lainnya. Semoga bermanfaat!

 

Kata Kunci Penelusuran: