minuman kolagen

Minuman Kolagen Terbaik dan Makanan Alami untuk Kecantikan

Seiring dengan bertambahnya usia, Anda tentu mulai merasa resah karena tanda penuaan mulai terlihat. Mulai dari kulit yang kering, muncul kerutan, dan flek hitam. Salah satu zat yang mampu mencegah hal tersebut adalah kolagen. Meskipun diproduksi oleh tubuh, tetapi tambahan asupan kolagen sangat efektif untuk menjaga kulit tetap awet muda. Ternyata, tidak perlu membeli dengan harga yang mahal, Anda pun bisa mengonsumsi minuman kolagen terbaik dan makanan alami untuk kecantikan Anda.

Minuman Kolagen Terbaik dan Makanan Alami Untuk Kecantikan

Kolagen sendiri adalah protein penting yang terdapat di tulang rawan, tulang, jaringan ikat, darah. Semakin usia mengalami kenaikan, produksi kolagen alami juga akan semakin berkurang. Sehingga, kulit pun tidak akan kencang laiknya ketika masih remaja.

Saat ini, banyak tersedia produk yang mengandung kolagen, mulai dari skincare hingga suplemen, dan minuman. Namun, ada juga makanan dan minuman kolagen alami yang dapat Anda konsumsi sehari-hari. Selain minim efek samping, makanan dan minuman tersebut akan membantu produksi kolagen dengan harga yang murah.

Minuman dan makanan kolagen alami sebaiknya mengandung beberapa zat, diantaranya vitamin A, vitamin C, antosianin, protein, AHAs, dan juga mineral segingga sangat bagus untuk kecantikan.

Beberapa yang sangat direkomendasikan sehingga mendukung produksi kolagen dalam tubuh diantaranya :

Sayur dan Buah

Vitamin C adalah nutrisi yang sangat penting agar tubuh bisa memproduksi kolagen. Anda bisa mengonsumsi buah dan sayuran dengan kandungan vitamin C tinggi seperti paprika merah dan hijau. Bayam dan daun kale juga mengandung klorofil yang tinggi sehingga bisa memicu produksi kolagen secara alami.

Minuman kolagen alami yang sangat baik untuk kecantikan kulit adalah lemon infused water. Selain itu, ada juga buah tomat dengan kandungan antioksidan likopen sehingga bisa menjaga kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Satu tomat dengan ukuran yang sedang telah bisa memenuhi 30% kebutuhan harian vitamin C.

👉 TRENDING:  Rekomendasi Skincare Terbaik Untuk Pelajar - Makrum Skincare

Minuman kolagen alami yang selanjutnya adalah jus jambu biji. Di dalamnya ada zinc yakni mineral yang penting dalam pembentukan kolagen. Nanas, kiwi, dan mangga juga punya manfaat yang serupa dengan jambu.

Suplemen Minuman Kolagen

Jika kebutuhan kolagen dalam tubuh sudah cukup tinggi, maka Anda bisa mengkonsumsi minuman kolagen Glowigen. Sebab, konsumsi suplemen Glowigen akan lebih efektif dan hasilnya akan lebih cepat terlihat.

Kaldu Tulang dan Daging

Makanan kolagen alami yang paling populer dan terkenal adalah kaldu tulang. Silahkan Anda buat sendiri kaldu dengan cara memasak tulang ayam ataupun sapi. Akan tetapi, agar hasil kaldu lebih berkualitas, Anda perlu memasaknya sampai berjam-jam.

Kaldu yang rasanya gurih ini merupakan sumber kolagen yang sangat baik untuk kesehatan kulit dan tulang.

Selain kaldu tulang, Anda juga bisa mengkonsumsi daging secara langsung untuk kesehatan kulit. Daging merah adalah sumber zinc yang merupakan nutrisi esensial untuk memproduksi kolagen. Di dalamnya juga terkandung tiga asam amino berupa proline, glycine, serta hydroxyproline.

Berries

Tak hanya bentuknya yang cantik dan imut, aneka berries juga bisa menjadi sumber kolagen yang sangat baik. Mulai dari raspberries, blueberries, serta blackberries, semuanya adalah sumber vitamin C untuk membuat kulit semakin cerah. Vitamin C juga jadi zat yang dapat memicu produksi kolagen pada tubuh.

Berries juga bisa jadi minuman kolagen alami dengan menjadikannya jus. Enak tapi bermanfaat, kan? Bahan-bahan tersebut juga mengandung asam ellagic yang bisa melawan kerusakan kulit akibat sinar UV.

Tiram dan Ikan

Tiram menjadi salah satu asupan dengan kandungan tembaga yang tinggi. Mineral yang satu ini sangat diperlukan agar produksi kolagen tetap berjalan dengan baik. Selain itu, ada juga ikan dengan kandungan asam amino yang dapat menunjang produksi kolagen.

👉 TRENDING:  Resep Membuat Pemutih Wajah Alami

Sebaiknya, Anda tidak membuang kulitnya karena terkandung kolagen tipe I yang memiliki konsentrasi tinggi. Untuk itu, konsumsi ikan bersama kulitnya agar kulit Anda semakin berseri meski di usia yang tidak muda lagi.

Kacang-Kacangan dan Telur

Agar Anda memiliki kolagen yang cukup dalam tubuh, silahkan konsumsi makanan dengan kandungan kolagen yang tinggi. Pada daftar ke-lima, ada kacang-kacangan. Jika Anda tidak menyukai daging, kacang-kacangan juga bisa jadi sumber protein yang bagus.

Selain itu, ada juga telur yang mengandung asam amino tinggi. Ketika mengonsumsi telur, Anda harus memakan bagian putih atau kuningnya. Kuning telur mengandung kolagen tinggi. Sedangkan bagian putihnya mengandung asam amino yang akan membantu proses produksi kolagen.

Hal yang Harus Dihindari Agar Produksi Kolagen Berjalan dengan Baik

Selain mengonsumsi makanan dan minuman kolagen alami, Anda juga harus menghindari hal-hal berikut ini agar produksi kolagen tidak menurun terus menerus. Diantara hal yang harus dihindari adalah :

Mengurangi Minuman dan Makanan yang Manis

Meskipun minuman dan makanan manis memang menggiurkan, sebaiknya batasi kebiasaan ini jika ingin awet muda. Asupan makanan manis bisa merusak kolagen. Ketika kadar gula naik, kaka hormon insulin pun akan semakin tinggi. Hormon insulin akan membuat jaringan tubuh meradang, termasuk juga yang memproduksi kolagen.

Berhenti Merokok

Zat yang ada di dalam rokok bisa merusak kolagen serta mencegah tubuh untuk terus memproduksinya. Selain itu, asap rokok akan membuat kesehatan terancam. Anda bisa mulai meninggalkan kebiasaan jadi perokok pasif maupun aktif.

Menjaga Tubuh dari Paparan Sinar Matahari Langsung

Paparan sinar matahari secara langsung juga dapat merusak kulit. Pasalnya, sinar UV bisa merusak kolagen dan asam amino yang akan menjadi kolagen. Untuk itu, sebaiknya pakai tabir surya saat Anda melakukan aktivitas outdoor.

Di samping itu, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan bersamaan dengan mengkonsumsi minuman dan makanan kolagen alami. Diantara menggunakan skincare yang mengandung vitamin C atau konsumsi minuman kolagen Glowigen. Dengan begitu, proses pembentukan kolagen akan semakin maksimal. Lalu, Anda pun bisa berkata “selamat tinggal penuaan dini”. Semoga ulasan di atas bermanfaat.

👉 TRENDING:  Mengenal Salep Retinoid Untuk Jerawat