Masih banyak orangtua di lingkungan kita yang merasa sulit menjawab apabila anak mereka bertanya tentang sesuatu hal yang ada hubungannya dengan sek

Pentingnya Memberikan Informasi yang Benar Tentang Seks Kepada Anak

Masih banyak orangtua di lingkungan kita yang merasa sulit menjawab apabila anak mereka bertanya tentang sesuatu hal yang ada hubungannya dengan seks. Dalam menanggapi pertanyaan tersebut ada sebagian orangtua yang lebih memilih diam, mengalihkan pembicaraan tersebut pada hal lain, atau bahkan melarang anak bertanya tentang seks. Banyak alasan yang melatarbelakangi orangtua sehingga mereka tidak mampu menjawab pertanyaan anak seputar seks. Di antaranya, adanya perasaan tabu apabila berbicara seks dengan anak. Ada juga sebagian orangtua yang merasa khawatir apabila anak mereka banyak mengetahui tentang seks, maka ia akan bereksperimen melakukan seks secara tidak tepat.

👉 TRENDING:  Pola Makan Yang Baik, Membantu Anak Tumbuh Kembang

Memberikan Informasi yang Benar

Sejatinya, perlu orangtua sadari bahwa memberikan Informasi Tentang Seks Kepada Anak adalah penting dan bermanfaat. Hal tersebut terutama untuk kehidupan anak di masa yang akan datang. Ketika anak mengetahui seks berdasarkan ilmu pengetahuan yang diterangi oleh nilai moral. Maka, anak akan megetahui bagaimana sebaiknya ia bereaksi terhadap lingkungannya. Selain itu, pendidikan seks juga akan ikut menentukan bagaimana ia menjadi orangtua di kemudian hari dan bagaimana ia kelak menjadi suami atau istri yang dapat membina keluarganya dengan harmonis dalam sebuah keluarga yang utuh.

👉 TRENDING:  Tips Mendidik Anak Agar Patuh pada Orang Tua

Dalam peraktiknya, membimbing dan memberikan Informasi Tentang Seks Kepada Anak tentu harus disampaikan dengan cara yang baik dan pada waktu yang tepat. Yaitu, sesuai dengan tingkat pertumbuhan dan kematangan usia anak. Misalnya, terkadang anak usia empat tahun dengan polosnya ia bertanya ‘Kok nenen Ibu lebih besar dari Ade?’. Maka, orangtua bisa menjelaskan kepadanya bahwa setiap perempuan ketika dewasa nanti maka nenennya akan tumbuh menjadi lebih besar, begitu juga dengan nenen Ade. Tetapi, Ade tidak usah takut, karena itu akan terjadi pada semua perempuan, dan itu adalah tidak akan apa-apa (merupakan hal yang biasa).

Menjawab pertanyaan anak seputar seks

Hindarkanlah perasaan tabu untuk menjawab pertanyaan anak seputar seks. Rasa ingin tahu serta penasaran anak terhadap seks boleh jadi sangat kuat. Sehingga dikhawatirkan apabila rasa ingin tahu anak tersebut tidak terpenuhi dengan baik, maka dikhawatirkan ia akan mencoba mencari tahu sendiri informasi tersebut dari buku-buku, media, atau orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

👉 TRENDING:  Penyebab, Gejala, dan Pengobatan Sembelit Pada Bayi

Anak yang mengetahui informasi tentang seks dengan baik dan benar diharapkan akan mampu menjaga, merawat, dan memperlakukan dirinya dengan baik. Selain itu, orangtua yang mampu membimbing dan memberikan Informasi Tentang Seks Kepada Anak secara tepat. Maka, akan menghindarkan anak dari perilaku coba-coba terhadap seks. Anak akan memahami bahwa dengan melakukan seks tidak pada waktu dan tempat yang baik, maka akan merugikan dirinya dan menghancurkan masa depan dirinya sendiri dan juga orangtua (semua pihak).