youtube

Cara Mengembalikan Video YouTube yang Terhapus dan Alasan Video YouTube Dihapus

Salah satu platform yang  banyak diminati oleh orang dari berbagai kalangan adalah YouTube.  Pasalnya YouTube menyajikan berbagai karya  terbaik dari content creator baik dalam negeri maupun luar negeri. Namun, bagaimana jika video yang sudah diupload tiba-tiba hilang atau terhapus? Berikut cara mengembalikan video YouTube yang terhapus paling mudah serta alasan terhapusnya, yaitu:

Cara untuk Mengembalikan Video Youtube yang Terhapus

Alasan video youtube bisa terhapus adalah karena terjadi pemblokiran yang dilakukan oleh sistem YouTube terhadap video yang bersangkutan. Namun, pengguna tidak perlu khawatir karena pengguna masih tetap bisa menontonnya kembali. Berikut ini cara mengembalikan video YouTube yang terhapus, antara lain:

1. Mendownload Aplikasi VPN

Apabila penyebab hilangnya video di  YouTube tersebut karena alasan di takedown oleh sistem YouTube,  maka pengguna bisa menontonya lagi dengan syarat yang pertama adalah mendownload aplikasi VPN. Dimana dengan aplikasi ini pengguna bisa menggunakan IP negara lain.

Jadi penggunaan VPN bisa mempermudah penggunanya untuk menggunakan IP dari berbagai negara lain, seperti Inggris, Singapura dan lain sebagainya. Cara untuk menggunakan VPN ini pengguna harus mendownload aplikasinya terlebih dahulu melalui Playstore dan kemudian menginstalnya.

Tips untuk pemilihan aplikasi ini pastikan aplikasi yang didownload memiliki rating tinggi. Selain itu juga ukuran aplikasi sesuai dengan kapasitas yang dimiliki oleh smartphone yang digunakan. Tentunya hal ini agar tidak mengganggu ruang penyimpanan yang lain.

2. Memasukkan IP Negara Lain

Setelah aplikasi terdownload dan terpasang pada smartphone pengguna bisa memasukkan IP negara lain. Pasalnya penghapusan video tersebut biasanya hanya diperuntukkan oleh negara tertentu saja. Selain itu situs tersebut tidak benar-benar dihapus atau hilang dari server, namun hanya dilakukan pemblokiran saja.

👉 TRENDING:  5 Cara Mempercepat Pengisian Baterai Handphone

3. Mencari Akun Dimana Video Terhapus

VPN yang terinstal akan memberikan IP negara lain. Maka pengguna bisa langsung coba buka aplikasi YouTube. Lalu mencari channel dimana video yang sebelumnya tadi sempat terhapus.  Adapun untuk mempermudahnya bisa langsung ketik pada kolom search dan tulis kata kunci atau nama dari channel yang videonya terhapus tadi.

Setelah itu pengguna pasti akan menemukan video yang sebelumnya terhapus kali ini muncul kembali dan bisa ditonton lagi. Namun, tentunya penggunaan VPN juga harus dilakukan dengan bijaksana tidak untuk merugikan pihak lain maupun diri sendiri.

Alasan Video YouTube yang Dihapus

Tidak jarang para pengguna Youtube menemukan video di channel favorit mereka terhapus. Padahal satu atau dua hari yang lalu video tersebut masih bisa ditonton. Oleh karena itu, berikut alasan video YouTube terhapus, antara lain:

1. Video di Takedown Oleh YouTube

Menjadi salah satu alasan saat video hilang dari YouTube karena video tersebut di takedown oleh pihak YouTube. Hal tersebut dengan alasan adanya unsur penayangan yang melanggar ketentuan YouTube. Sehingga menjadi penyebab video tersebut diblokir atau dihapus.  Selain itu, bisa juga karena banyak akunakun sesama pengguna YouTube yang telah melaporkan keresahan terhadap konten atau video yang diunggah.

2. Video Sengaja Dihapus Oleh Pemiliknya

Selain dihapus atau diblokir oleh sistem, adakalanya bahwa pemilik channel sengaja menghapus video yang telah diunggahnya. Apabila hal ini yang terjadi maka akan lebih sulit untuk mengembalikan video atau menonton video tersebut. Kecuali pengguna meminta pemilik untuk mengupload ulang video tersebut.

Demikian itu cara mengembalikan video YouTube yang terhapus ternyata mudah dan alasan hilangnya video di YouTube. Jadi, para pengguna platform ini tidak perlu panik saat video yang telah diunggah terhapus. Pengguna masih bisa mengembalikan video tersebut ke tempat asalnya, jika mau berusaha.

👉 TRENDING:  Cara Membuat Akun Paypal Tanpa Kartu Kredit, Ternyata Gampang Banget!