Manfaat Beras Merah Untuk Diet

Manfaat Beras Merah Untuk Diet, Inilah Alasannya!

Manfaat Beras Merah Untuk DietBeras merah, pada dasarnya memiliki kandungan gizi lebih tinggi dibandingkan beras putih. Warna merah dalam beras merah merupakan zat pewarna antosianin, yaitu zat pewarna alami dengan sifat antihipertensi, antihiperglikemik, antioksidan dan antikanker.

Pada secangkir nasi dari beras merah yang ditumbuk, memiliki kandungan kebutuhan harian selenium 27%, serat 3,5 gram, magnesium 21%, asam amino triptofan 18,8%. Beras merah juga mengandung protein yang lebih tinggi dibandingkan beras putih sekitar 2-5%. Selain Manfaat Beras Merah Untuk Diet yang cukup populer, secara keseluruhan juga mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan.

Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan

Manfaat beras merah bagi kesehatan tidak terlepas dari kandungan gizi yang terdapat pada beras merah ini. Dengan kandungan kalorinya rendah, beras merah sangat aman dikonsumsi. Apabila dianalisa, kandungan biji padi memiliki 3 bagian diantaranya bagian terluar adalah bagian sekam, bagian kulit ari serta bagian yang terakhir adalahย  biji beras.

๐Ÿ‘‰ TRENDING:  Buah-buahan untuk Diet Sehat Menurunkan Berat Badan

Proses tumbukan secara tradisional pada beras merah tak akan merusak kandungan gizi penting terlalu banyak pada beras tersebut. Adapun kandungan gizi penting yang terdapat dalam beras merah ini adalah minyak esensial, vitamin A, serat, mineral, mangan, kalium, vitamin B dan selenium.

Berdasarkan kandungan gizi tersebut, ada sejumlah khasiat beras merah yang patut kita ketahui, berikut ini :

  1. Menekan Risiko Penyakit Kanker Colon

Beras merah mengandung senyawa polifenol dan selenium tinggi, yang bermanfaat untuk menekan terjadinya resiko kanker Colon atau usus besar. Selain itu, beras merah mengandung lebih banyak senyawa fenol dengan konsentrasi tinggi dibandingkan beras putih. Kandungan serat yang tinggi pada nasi beras merah ini juga bisa melancarkan pencernaan dan menyehatkan usus besar.

๐Ÿ‘‰ TRENDING:  Ampuh! Cara Menghilangkan Jerawat dalam Semalam
  1. Menyehatkan Tulang

Manfaat beras merah lainnya adalah terkandung pada magnesium, yang ternyata sangat efektif untuk menyehatkan tulang di samping vitamin D dan kalsium. Seperti kita ketahui, magnesium merupakan nutrisi yang penting untuk mencegah terjadinya kekurangan kalsiumย  dan membangun tulang. Magnesium pada beras merah ini sudah mencukupi kebutuhan harian tubuh hingga mencapai 21%.

  1. Menetralkan Kadar Gula dalam Darah

Serat yang terkandung pada beras merah ini, membantu memperlambat proses penyerapan karbohidrat. Dalam hal ini, berarti kadar gula dalam darah pun akan masuk lebih lambat menuju aliran darah. Dengan indeks glikemik yang rendah, disertai tingginya kandungan serat membuat beras merah berkhasiat untuk mengurangi terjadinya risiko peningkatan penyakit diabetes tipe 2.

๐Ÿ‘‰ TRENDING:  Tips Sehat dan Cantik Saat Hamil
  1. Mencegah Sembelit

Manfaat beras merah berikutnya adalah dapat mencegah terjadinya sembelit. Hal ini dikarenakan, beras merah mengandung serat larut yang tinggi sehingga membantu kinerja sistem pencernaan serta pembuangan.

Selain itu serat larut yang tinggi pada beras merah memberikan kontribusi cairan menuju usus, sehingga menyebabkan gerakan usus menjadi lebih halus. Oleh karena itulah, dengan mengkonsumsi beras merah bisa membantu Anda mencegah terjadinya sembelit.

  1. Sebagai Sumber Antioksidan

Khasiat yang didapatkan dari beras merah, tak lain karena beras merah mengandung sejumlah antioksidan yang penting bagi tubuh. Seperti kita ketahui, zat antioksidan penting untuk menangkal masuknya radikal bebas ke dalam tubuh. Radikal bebas inilah yang bisa menyebabkan tumbuhnya sel-sel kanker pada tubuh.

๐Ÿ‘‰ TRENDING:  Cara Sehat untuk Mengecilkan Perut Tanpa Sedot Lemak

Dengan kata lain, sumber antioksidan pada beras merah bisa membantu mencegah perkembangan sel-sel kanker dalam tubuh.

  1. Menyehatkan Sistem Saraf

Kandungan mangan pada beras merah juga berkontribusi pada manfaat beras merah untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan mangan dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi hormon dan asam lemak agar mempertahankan kesehatan sistem saraf.

Manfaat Beras Merah Untuk Menurunkan Berat Badan

Selain bermanfaat untuk kesehatan, beras merah ternyata sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Tak heran jika banyak orang memanfaatkannya sebagai salah satu makanan yang tepat untuk diet.

๐Ÿ‘‰ TRENDING:  Cara Alami Memutihkan Ketiak dengan Cepat

Lalu, apa saja Manfaat Beras Merah Untuk Diet ini? Yuk, kita simak ulasannya berikut ini :

  1. Mengenyangkan Perut Lebih Lama

Beras merah mengandung karbohidrat kompleks, berbeda halnya dengan beras putih yang mengandung karbohidrat sederhana. Dalam hal ini berarti bahwa, kandungan karbohidrat kompleks pada beras merah memberikan rasa kenyang yang lebih lama ketika Anda mengkonsumsinya.

Anda bisa memadukan beras merah, berikut oatmeal dan gandum sebagai makanan diet karena sama-sama mengandung senyawa karbohidrat kompleks.

  1. Melancarkan Pencernaan

Manfaat beras merah untuk diet berikutnya adalah dapat melancarkan sistem pencernaan tubuh. Kandungan seratnya yang lebih banyak hingga 6 kali lipat daripada nasi putih, membuat beras merah sangat efektif untuk melancarkan sistem pencernaan.

Hal ini juga tentunya sangat berpengaruh pada proses pembakaran kalori dalam tubuh yang lebih cepat. Jadi, Anda bisa memasukkan beras merah sebagai menu diet paling utama yang menggantikan nasi putih.

๐Ÿ‘‰ TRENDING:  Penyebab, Gejala, dan Pengobatan Sembelit Pada Bayi
  1. Mengontrol Penyerapan Kalori Berlebih

Seperti kita ketahui, beras merah mengandung indeks glikemik yang rendah sehingga membantu mengendalikan proses penyerapan kalori yang berlebihan dalam tubuh. Bagi Anda yang sedang menjalankan program penurunan berat badan, tentu karbohidrat tetap harus dikonsumsi.

Untuk mengimbanginya, Anda harus mengkonsumsi makanan yang juga mengandung serat tinggi seperti pada beras merah ini.

  1. Mencegah Penumpukan Kolesterol Jahat

Sebagai pengganti nasi putih, beras merah sangat efektif untuk mencegah terjadinya penumpukan kolesterol jahat. Hal ini dikarenakan kandungan serat tinggi, indeks glikemik rendah, dan karbohidrat kompleks pada beras merah membantu tubuh untuk menekan akumulasi kolesterol jahat atau LDL.

  1. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Dampak positif mengkonsumsi beras merah di samping sebagai menu utama diet, juga dapat meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh manusia.

๐Ÿ‘‰ TRENDING:  Tips Cara Mengatasi Masalah Bau Badan

Khasiat beras merah ini tak lain terdapat pada kandungan mineral, seperti zinc, mangan dan zat besi di dalamnya. Kandungan ini membantu untuk meningkatkan sistem imun tubuh ketika menjalankan program penurunan berat badan.

  1. Pembentuk Energi Bagi Tubuh

Beras merah memiliki kandungan vitamin B yang sangat efektif untuk membantu pembentukan energi dalam tubuh manusia. Hal ini juga sangat berguna bagi Anda yang sedang menjalankan program diet. Dengan kadar vitamin B yang cukup dalam beras merah, membantu tubuh untuk mendapatkan energi saat sedang diet.

Meskipun rasa beras merah tergolong lebih hambar atau kurang enak, namun dengan mengkonsumsinya secara rutin ternyata beras merah sangat baik bagi kesehatan tubuh. Beras merah dengan olahan tradisional ini sangat berkhasiat terutama bagi Anda yang menjalani program diet.

๐Ÿ‘‰ TRENDING:  Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan Ibu Hamil Muda

Dengan kandungan gizinya yang tinggi, beras merah bisa mencegah terjadinya penyakit degeneratif, menurunkan kadar kolesterol, mencegah terjadinya kanker, memberikan rasa kenyang lebih lama, meningkatkan sistem imun tubuh, dan sangat baik untuk membantu sistem pencernaan tubuh.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai Manfaat Beras Merah Untuk Diet. Untuk mendapatkan manfaat diet yang lebih efektif, saat menjalani program diet sebaiknya imbangi konsumsi nasi beras merah dengan jus buah-buahan. Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan sayuran, dan beberapa makanan berprotein.