cara mempercepat upload file di google drive

Begini Cara Mempercepat Upload File di Google Drive

Google Drive menjadi salah satu aplikasi yang diciptakan untuk membantu penyimpanan secara online yang disediakan oleh Google. Namun di samping itu,  ketika hendak mengupload file terkadang membutuhkan waktu yang lama. Maka ada cara mempercepat upload file di Google Drive agar tidak membutuhkan waktu yang lama.

Keberadaan Google Drive ini memang memberikan manfaat yang sangat besar terlebih kemudahan untuk share dan download sebuah file tertentu. Dengan adanya sebuah trik agar bisa mempercepat upload, tentu menjadikan hal yang sangat penting untuk diketahui. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan, diantaranya:

👉 TRENDING:  7 Alasan Kenapa WiFi Lemot Padahal Sinyal Full

1. Periksa Browser Pengguna

Terkadang upload yang lambat dikarenakan penggunaan browser yang kurang kompatibel. Cobalah untuk mengganti browser yang digunakan ini, agar aktivitas yang dilakukan menjadi lancar. Ada berbagai pilihan yang bisa digunakan dan pilihlah mana yang sekiranya kompatibel.

Ketika menggunakan pilihan browser yang jarang digunakan,  ada kalanya fitur yang tersedia tidak terlalu lengkap. Meskipun begitu ketika hendak mengupload tetap akan lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan browser yang cache nya lebih banyak karena digunakan.

👉 TRENDING:  Cara Menambah Follower Instagram Banyak Tanpa Harus Bayar

2. Lakukan Pemeriksaan Ukuran File

Perbedaan ukuran file memang sangat mempengaruhi percepatan dalam upload data.  Bahkan tidak hanya saat melakukan upload saja, terkadang ketika file telah berhasil diupload dan hendak membuka, maka membutuhkan beberapa waktu yang lebih lama.  Sebagai Contoh ketika terdapat spreadsheet yang memiliki sel dengan perhitungan jumlah besar, maka memerlukan beberapa waktu yang lebih lama.

Untuk bisa mengetahui apakah memang kecepatan upload yang lambat atau Google Drive yang bermasalah,  silahkan coba file yang ringan terlebih dahulu. Jika file ringan juga lambat dalam upload, silahkan untuk menggunakan perangkat bantu yang lainnya.

👉 TRENDING:  Aplikasi Foto Bayi Kita - Prediksi Wajah Bayi Masa Depan

3. Gunakan WiFi

Perlu diketahui bahwa penggunaan data seluler biasanya akan lebih lambat ketika mengupload file.  Salah satu cara mempercepat upload file di Google Drive yaitu dengan menggunakan WiFi. Kecepatan WiFi akan lebih besar daripada menggunakan data seluler.

Hal ini karena terkadang sinyal saat menggunakan data seluler kurang kuat.  Selain menghemat kuota, WiFi memberikan banyak keuntungan dalam melakukan upload file.  Alangkah lebih baik mencari tempat WiFi dengan sinyal yang paling kuat.

👉 TRENDING:  Cara Memperbaiki Foto yang Blur dengan Picsart Melalui Pengaturan 5 Fitur

4. Hentikan Aplikasi yang Lain

Pastikan ketika hendak melakukan upload,  hentikan aplikasi yang sedang digunakan lainnya jika memang memungkinkan.  Hal tersebut dikarenakan agar data yang digunakan tidak terbagi dengan yang lainnya.  Ketika sebuah perangkat hanya digunakan untuk Google Drive saja, maka besar kemungkinan proses upload akan lebih lambat.

Untuk menghentikan beberapa aplikasi yang berjalan bisa dengan menggunakan task manager.  Adapun cara untuk memudahkan dalam membuka task manager, bisa dengan tekan tombol ctrl+alt+del.

👉 TRENDING:  Cara Membuat Akun Paypal Tanpa Kartu Kredit, Ternyata Gampang Banget! 

5. Kompres Jika Perlu

Untuk cara yang satu ini terbilang paling efektif untuk bisa memudahkan ketika hendak mengupload data. Pasalnya dengan melakukan kompres file,  maka ukuran sebuah file akan otomatis mengecil dan bisa disesuaikan.

Saat ini banyak sekali situs untuk melakukan kompres data baik versi berbayar maupun gratis. Pastikan memilih rating yang banyak karena biasanya memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi dalam melakukan kompres.  Setelah selesai kompres, bisa segera di upload di Google Drive dan biasanya akan lebih cepat.

👉 TRENDING:  Cara Mempercepat Hp Android yang Lemot Tanpa Reset

Dengan mengetahui cara mempercepat upload file di Google Drive tersebut,  tentunya akan menghemat waktu. Bahkan tidak hanya itu saja, jumlah data yang digunakan untuk upload akan lebih efisien.

Daftar isi