cara menambah font di windows 10

5 Cara Menambah Font di Windows 10, Agar Lebih Menarik!

Saat membuat tulisan di laptop, tentu hal yang harus diperhatikan salah satunya yaitu font tulisan yang dipakai. Pada Windows 10, font bisa ditambahkan. Sehingga pengguna tidak bosan dengan fonts bawaan. Terdapat cara menambah font di Windows 10 mulai dari cara manual hingga otomatis. Simak penjelasannya berikut ini:

Cara Menambah Font di Windows 10

1. Download Font Baru Pada Website Penyedia Font

Sebagai pengguna Windows 10, terkadang pernah merasa bosan dengan fonts yang sudah disediakan. Selain itu, adakalanya pengguna membutuhkan font khusus dalam tulisan membuat tulisan, seperti tulisan bersambung. Maka dari itu, pengguna perlu menambahkan font khusus tersebut ke Windows 10 supaya bisa digunakannya.

👉 TRENDING:  Cara Memanggil Wither

Penambahan font tertentu juga semakin membuat tampilan menjadi lebih menarik saat dipandang. Apalagi bagi pengguna yang memiliki tipe visual, pasti akan lebih nyaman saat memakai font tertentu yang lebih kreatif. Untuk bisa mendapatkan font baru, pengguna harus bisa membayar pada fonts premium. Namun masih ada fonts yang bisa dipakai gratis juga.

Ada beberapa website yang menyediakan fonts berbayar maupun tidak. Jadi sebelum menambahkan font, pengguna perlu men-download font yang dibutuhkan atau diinginkan terlebih dahulu. Contoh website yang menyediakan font di Windows 10 yaitu fonts.google.com dan dafont.com. File yang di download berbentuk ZIP jadi perlu di ekstrak terlebih dulu jika ingin memasangnya.

👉 TRENDING:  Chrome sedang menguji fitur yang mengelompokkan halaman

2. Lakukan Install Font Pakai Menu Setting

Setelah mendapatkan font yang diinginkan dari download di web tertentu. maka selanjutnya pengguna perlu meng-install-nya. cara meng-install font di Windows 10 bisa dilakukan melalui menu setting. Menu setting ini terletak di menu start, jadi buka dulu menu start Windowsnya.

Apabila sudah terbuka, pilih settings. Pada menu ini, pengguna bisa mengatur banyak hal, salah satunya cara menambah font di Windows 10. Setelah menu settings terbuka, lalu lanjut pilih personalization, kemudian pilih lagi fonts. Pada tahap ini, pengguna bisa melihat semua file font yang sudah di install oleh bawaan Windowsnya.

Siapkan file font baru yang ingin di install, kemudian add font tinggal masukkan saja file tersebut. Tunggu sebentar, jika sudah selesai maka font baru sudah ter-install. Lakukan restart pada laptop supaya proses pembaruan font bisa berlangsung.

👉 TRENDING:  Cara Menggunakan Paypal untuk Menerima Uang dan Keunggulan PayPal

3. Tambah Satu Jenis Font dengan Ekstrak File

Saat menambahkan font bisa secara manual yaitu menambahkan satu persatu namun juga bisa secara massal. Cara menambahkan satu jenis font bisa dibilang lebih simpel karena tidak perlu meng-install-nya melalui menu setting seperti cara sebelumnya.

Apabila hanya ingin menambahkan hanya satu jenis font saja caranya yaitu lakukan ekstrak file pada file ZIP yang sudah di download sebelumnya. Lalu lakukan double klik pada folder file font-nya. Cari file font-nya dan kemudian klik kanan dan pilih install. Tinggal tunggu saja prosesnya hingga selesai.

👉 TRENDING:  Cara Sadap Whatsapp Jarak Jauh Tanpa Mendownload Aplikasi

4. Tambah Banyak Jenis Font Secara Massal dengan Ekstrak File

Apabila font yang ingin ditambahkan ke Windows 10 itu banyak yaitu misal lebih dari 30 jenis font. Maka butuh waktu lama jika menggunakan cara penambahan font satu persatu. Sehingga jika kondisinya seperti ini, lebih baik pengguna menggunakan cara penambahan font secara massal.

Caranya yaitu ekstrak file font yang berbentuk ZIP, kemudian buat new folder untuk mengumpulkan font-nya. Lalu masukkan font-nya ke folder baru tersebut, jika pengguna tidak tahu yang mana file-nya, cari saja di search dan ketik TTF. Lalu blok semua filenya kemudian klik kanan dan pilih install.

👉 TRENDING:  Cara Memberi Password Pada Folder Windows 10 dengan Mudah

5. Tambah Font dengan Bantuan Orang Ahli

Cara ini sangat mudah dilakukan jika pengguna masih bingung dengan cara-cara sebelumnya. Tinggal cari saja orang ahli yang bisa meng-install-nya. Setelah itu tinggal bayar jasanya saja. Biasanya orang ahli seperti ini juga sudah punya stok fonts yang banyak. Jadi pengguna tidak perlu men-download-nya.

Demikian 5 penjelasan cara menambah font di Windows 10 yang bisa diterapkan. Sebenarnya cara ini bisa dilakukan tanpa bantuan orang ahli, sebagaimana cara nomor 1 sampai 4. Hal ini karena langkah-langkahnya mudah diterapkan dan instruksinya sangat jelas.