cara memberi password pada folder windows 10

Cara Memberi Password Pada Folder Windows 10 dengan Mudah

Ketika orang ingin menjaga keprivasian dari suatu dokumen atau folder, biasanya akan menggunakan kata sandi untuk menggunakannya. Keperluan password tentunya memiliki keamanan tersendiri bagi suatu dokumen. Berikut akan dijelaskan mengenai cara memberi password pada folder Windows 10 dengan mudah, antara lain:

1. Mengunjungi Properties

Cara yang pertama adalah menggunakan properties. Langkah ini cukup mudah dilakukan oleh siapa saja. Selain itu, cara ini juga dapat meningkatkan keamanan dari folder yang akan diberi password. Berikut langkah-langkahnya untuk memberi password  menggunakan properties.

👉 TRENDING:  5 Cara Menambah Font di Windows 10, Agar Lebih Menarik!

Pertama, bukalah file explorer, lalu bukalah folder yang hendak ditambahkan password. Lalu, klik kanan pada folder => properties. Klik “advanced”  pada bar menu yang ada tulisan “general”, beri tanda checklist pada kolom “encrypt content to secure data”. Barulah dengan begitu, pemilik folder dapat memasukkan password pada foldernya, jika sudah klik OK.

Setelah itu, pilihlah opsi “apply change to this folder, subfolder and files”, klik OK dan langkah ini sudah selesai. Metode ini terbilang cukup mudah dilakukan karena tidak memerlukan aplikasi atau akses yang lebih rumit. Ketika menggunakan cara ini juga pemilik folder tersebut dapat tetap mendapatkan keamanan untuk foldernya.

👉 TRENDING:  Cara Menambah Follower Instagram Banyak Tanpa Harus Bayar

2. Menggunakan Aplikasi 7-Zip

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan aplikasi 7-Zip. Langkah pertama tentu unduh terlebih dahulu aplikasi 7-Zip. Kedua, cari dan pilih folder yang akan diberi kata sandi atau password. Selanjutnya klik kanan, pilih 7Zip lalu pilih “add to archive”. Apabila layar 7-Zip muncul, yang harus dilakukan selanjutnya adalah piluh format arsip dengan menggunakan ZIP. Masukkan password yang diinginkan dan klik OK.

Ketika menggunakan aplikasi 7-Zip ini, dapat meningkatkan keamanan dari folder yang diberi password. Hal tersebut ditunjukkan ketika seseorang yang berusaha membuka foldernya, maka akan muncul pesan yang meminta untuk memasukkan password. Tentu dengan begitu seseorang yang tidak mengetahui kata sandinya tidak dapat membuka folder tersebut.

👉 TRENDING:  Cara Mempercepat Hp Android yang Lemot Tanpa Reset

3. Mengatur Password dengan Notepad

Cara yang cukup mudah dilakukan tanpa menggunakan aplikasi juga yaitu dengan menggunakan notepad. Langkahnya adalah pertama buka folder yang akan diberi password terlebih dahulu, selanjutnya buat teks file caranya adalah klik kanan, pilih “new” => “text document”. Lalu pemilik folder membuka fitur notepad yang tersedia di perangkat laptop ataupun PC.

Setelah itu, masukkan perintah skrip dan salinlah ke notepad dalam format file txt. Selanjutnya, ubah tulisan sebelumnya menjadi kata sandi yang hendak digunakan. Simpan dokumen menjadi semua file dan jangan lupa beri nama lockerfolder.bat. Langkah terakhir yakni double click pada folder dan nanti keluar folder privat.

👉 TRENDING:  7 Alasan Kenapa WiFi Lemot Padahal Sinyal Full

4. Menggunakan WinRAR

Cara memberi password pada folder Windows 10 berikutnya yaitu menggunakan WinRAR. Pertama, siapkan dulu folder yang akan dikompres untuk dijadikan arsip WinRAR. Lalu klik kanan dari folder tersebut dan pilihlah “add to archive”. Pada pilihan “general”, pilihlah format yang diinginkan. Berikutnya klik “set password” dan masukkan password-nya. Terakhir klik OK untuk menyimpan folder.

WinRAR adalah perangkat lunak yang berguna untuk mengkompres dokumen menjadi ukuran yang lebih kecil. Hasil kompres dari WinRAR akan dalam bentuk format RAR dan juga ZIP. Dokumen yang dikompresi biasa nya adalah dokumen yang penting dan perlu diberi keamanan berupa kata sandi.

👉 TRENDING:  3 Cara Membuat Subtitle di YouTube dengan Mudah

5. Mengaturnya dengan Skrip BAT

Cara terakhir yang bisa dilakukan yakni dengan menggunakan Skrip BAT. Untuk menggunakan cara ini tidak jauh berbeda dengan menggunakan notepad. Cara dan langkahnya pun mirip dengan menggunakan notepad, hanya saja format file terakhir yang sudah diberi password akan menjadi format Bat.

Itulah penjelasan dari cara memberi password pada folder Windows 10 secara mudah. Pemilik folder dapat menggunakan aplikasi atau tanpa aplikasi untuk memberi passwordnya. Selain itu, cara yang dipaparkan di atas juga cukup mudah dilakukan sendiri.