cara mengaktifkan monetisasi youtube

Inilah Syarat dan Cara Mengaktifkan Monetisasi YouTube

Keberadaan media sosial banyak dimanfaatkan untuk menghasilkan uang. Salah satunya melalui YouTube. Melalui video yang dibagikan, pengguna bisa mendapatkan pemasukkan, caranya dengan monetisasi. Cara mengaktifkan monetisasi YouTube bisa dilakukan melalui berbagai perangkat, salah satunya Android.

Syarat Monetisasi YouTube

Sebelumnya, mari mengenal terlebih dahulu apa yang dimaksud monetisasi. Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan suatu individu ataupun instansi pada kanal YouTube untuk menghasilkan uang. AktiVitas ini sah dilakukan dengan berbagai syarat yang berlaku.

👉 TRENDING:  Cara Sadap Whatsapp Jarak Jauh Tanpa Mendownload Aplikasi

Terdapat beberapa prosedur yang harus dilalui sebelum melakukan monetisasi. Setiap kreator YouTube harus memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Cara mengaktifkan monetisasi YouTube pun bisa dilakukan secara mudah dan lancar. Sebagai kreator YouTube, pastikan untuk memenuhi syarat berikut ini:

1. Minimal Memiliki 1000 Subscriber

Syarat yang harus dipenuhi yakni minimal terdapat 1000 subscriber. Hal ini bisa dilakukan dengan menyajikan konten yang menarik dan penuh inovasi. Selanjutnya, banyak orang akan tertarik mengikuti kanal YouTube yang disajikan.

👉 TRENDING:  Cara Memberi Password Pada Folder Windows 10 dengan Mudah

Untuk mendapatkan subscriber yang banyak, pastikan harus aktif melakukan promosi. Setiap konten bisa dipromosikan melalui media sosial lain. Hal ini menjadi salah satu langkah untuk menarik minat banyak orang.

2. Memiliki 4000 Jam Tayang

Selain itu, syarat lainnya yang harus terpenuhi yaitu minimal 4000 jam tayang. Hitungan jam tayang ini merupakan akumulasi selama satu tahun. Syarat kedua diperlukan untuk memastikan keaktifan para subscriber.

👉 TRENDING:  Cara Membuat Akun Paypal Tanpa Kartu Kredit, Ternyata Gampang Banget! 

Tidak sedikit para YouTuber yang sedikit curang untuk mendapatkan subscriber palsu. Maka dari itu, penentuan syarat jam tayang ini harus dipenuhi untuk bisa melakukan monetisasi. Jadi, pastikan subscriber  di kanal YouTube benar-benar aktif.

3. Melewati Tahapan Verifikasi

Selanjutnya, pihak YouTube akan melakukan verifikasi secara menyeluruh. Hal ini dilakukan meliputi identitas sang pemilik dan berbagai verifikasi lainna. Jika berhasil diverifikasi, maka lakukan monetisasi.

Dengan adanya verifikasi, setiap kreator bisa menyajikan unggahan video dengan durasi lama. Proses verifikasi umumnya bisa dilakukan hanya dengan menggunakan nomor ponsel.

👉 TRENDING:  Cara Memanggil Wither

4. Memiliki Keaslian Konten

Dalam hal ini, setiap kreator harus memastikan bahwa konten yang disuguhkan benar-benar karya sendiri. Lain halnya dengan pengguna yang menyajikan konten orang lain. Maka dapat dipastikan kalau proses monetisasi akan ditolak. Maka dari itu setiap konten harus benar hasil karya sendiri.

5. Mengikuti Kebijakan yang Berlaku

Persyaratan lainnya yakni mengikuti kebijakan yang berlaku. Dalam hal ini, setiap kreator dituntut untuk tidak mengunggah konten bersifat pornografi, melanggar SARA, kekerasan dan terkena copyrights. Konten yang melanggar hak cipta bisa ditindaklanjuti dengan hukum yang berlaku.

👉 TRENDING:  Alasan Sinyal Hilang dan Cara Memperbaiki Penangkap Sinyal Hp yang Efektif

Cara Mengaktifkan Monetisasi YouTube

Untuk melakukan monetisasi tentunya terdapat berbagai tahapan yang harus diperhatikan. Setiap syarat yang dipenuhi harus selaras dengan kebijakan YouTube. Setiap konten yang di-upload bisa bernilai rupiah.

Namun, yang perlu diperhatikan yaitu konten yang disajikan tentunya tidak sembarangan. Pihak YouTube memiliki standar tersendiri. Selanjutnya, konten akan ditinjau sesuai kebijakan yang berlaku. Adapun cara melakukan monetisasi YouTube antara lain sebagai berikut:

  • Login terlebih dahulu dengan menggunakan akun YouTube yang aktif
  • Pilih kelola video pada menu bagian kiri
  • Selanjutnya, pilihlah video pada kanal YouTube
  • Tap menu tindakan yang akan mengarah pada pilihan monetisasi
  • Pilih “Monetize with Ads” untuk on/off monetisasi.
👉 TRENDING:  Cara Mengembalikan Video YouTube yang Terhapus dan Alasan Video YouTube Dihapus

Demikianlah ulasan singkat terkait syarat serta cara mengaktifkan monetisasi YouTube. Kini, berbagai media bisa menjadi peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Hal ini tentunya harus dilakukan dengan kerja keras dan sungguh-sungguh.