cara membuat surat keterangan usaha

7 Cara Membuat Surat Keterangan Usaha Beda Domisili, Calon Pengusaha Wajib Tahu!

Cara Membuat Surat Keterangan Usaha – Pada masa sekarang, tidak dapat dimungkiri bahwa semakin tersedia banyak usaha dalam berbagai bidang namun dengan pemilihan lokasi yang berbeda.

Oleh karena itu, prosedur untuk cara membuat surat keterangan usaha beda domisili juga perlu diketahui terlebih dahulu agar tidak ada kesalahan. Ditambah lagi, banyak yang tidak memahami tentang prosedur tersebut.

Cara Membuat Surat Keterangan Usaha Beda Domisili

Sementara di sisi lain, secara garis besar, terdapat beberapa persamaan untuk surat ini seperti proses pengajuan jika memiliki lokasi yang sama.

👉 TRENDING:  Apakah Ada Perbedaan Antara ROA dan ROE?

Hanya saja, prosedur ini memerlukan dokumen pelengkap seperti surat pengantar yang wajib dimiliki sebelum menulis pengajuan di sebuah formulir pendaftaran. Untuk lebih lanjut, silakan simak prosedur lengkap di bawah ini:

1. Mencari Referensi Dahulu

Pertama-tama, untuk menghindari adanya kesalahan baik yang bersifat sederhana ataupun bersifat fatal, silakan memulai dengan mencari referensi terlebih dahulu.

Setiap pengusaha dalam berbagai bidang dapat memanfaatkan situs web yang disediakan secara resmi oleh pihak pemerintah terkait seperti pemerintah kecamatan. Selain itu, referensi dapat diperoleh melalui teman atau tetangga yang berpengalaman.

👉 TRENDING:  Akan Mengajukan Izin Usaha Pertambangan Galian C? Ini Poin-poin Penting yang Harus Diketahui

2. Meminta Surat Pengantar

Sebelum datang secara langsung ke kantor kelurahan dan selanjutnya kecamatan terdekat, pastikan untuk memiliki surat pengantar secara resmi terlebih dahulu.

Setiap pengusaha tidak perlu merasa khawatir karena jenis surat ini dapat diperoleh dan dimiliki secara mudah melalui pemerintah RT/RW. Namun pastikan untuk meminta format surat yang memang sesuai dan resmi.

3. Menyiapkan Dokumen Lainnya

Selanjutnya untuk melakukan cara membuat surat keterangan usaha beda domisili secara praktis, diperlukan beberapa berkas lainnya yang tidak kalah penting.

👉 TRENDING:  Trading Forex Syariah Islami melalui Broker Free Swap

Setiap pengusaha perlu mempersiapkan sejak awal terkait dokumen identitas pribadi seperti kartu penduduk ditambah dengan kartu keluarga serta kartu NPWP. Selain itu, diperlukan dokumen lainnya terkait kepemilikan dari usaha masing-masing.

4. Mengunjungi Kantor Kelurahan

Jika setiap dokumen yang disiapkan sudah lengkap dan sesuai informasi secara tepat, maka silakan melanjutkan untuk mengunjungi kantor kelurahan terkait.

Sebaiknya siapkan waktu yang benar-benar luang mengingat bahwa terdapat kemungkinan antrian yang tidak bisa dikendalikan secara mandiri. Selain itu, setiap pengusaha dapat memutuskan untuk datang sejak pagi hari menghindari antrian.

👉 TRENDING:  Bisnis Tanpa Modal Dengan Memanfaatkan Aplikasi Penghasil Uang

5. Mengisi Formulir Pendaftaran

Untuk tata cara membuat surat keterangan usaha beda domisili secara praktis berikutnya, setiap pengusaha hanya perlu melakukan pengisian formulir pendaftaran.

Minta jenis formulir pendaftaran yang memang sesuai dengan kebutuhan yang dimiliki kemudian pastikan untuk mengisi secara teliti dan tentunya tepat. Selain itu, sesuaikan isi formulir dengan berkas persyaratan yang dimiliki.

👉 TRENDING:  Tertarik untuk Mencoba Jualan Lauk Matang? Coba Beberapa Menu Wajib Berikut Ini

6. Menunggu Verifikasi Data

Kemudian setelah menuliskan formulir dan menyerahkan kepada pegawai kelurahan yang memang bertugas, lanjutkan dengan proses verifikasi data yang termasuk penting.

Proses tersebut akan dilakukan oleh petugas yang memang bertanggung jawab dan pada umumnya akan memakan waktu yang tentunya tidak sebentar. Setelah itu, silakan menunggu proses selama beberapa hari sesuai prosedur.

7. Melakukan Pengesahan Surat

Terakhir, surat yang sudah jadi perlu diambil segera di kantor kelurahan yang terkait setelah dihubungi atau diberi tahu oleh petugas.

Ambil surat tersebut kemudian silakan bawa ke kantor kecamatan yang terkait sesuai dengan domisili masing-masing untuk disahkan lanjut secara resmi. Tunggu selama beberapa waktu dan surat keterangan diterima secara tepat.

👉 TRENDING:  Pahami Apa itu Jasa Perencana Keuangan

Setiap jenis usaha dalam berbagai bidang apapun itu memang memerlukan aspek seperti izin usaha yang perlu dimiliki walaupun berbeda domisili. Oleh karena itu, prosedur tentang cara membuat surat keterangan usaha beda domisili secara praktis di atas dapat dijadikan sebagai rekomendasi. Praktikkan setiap cara dengan teliti dan tentu saja secara runtut.

Kata Kunci Penelusuran: