5 Cara Memperbaiki Headset yang Tidak Ada Suaranya dengan Gampang

Headset menjadi salah satu aksesoris elektronik yang banyak digunakan pengguna. Cara memperbaiki headset yang tidak ada suaranya bisa dilakukan melalui beberapa cara. Suara yang dihasilkan bergantung kualitas headset yang digunakan. Pada beberapa kondisi banyak ditemukan headset yang tidak bersuara.

Memperbaiki Headset yang Tidak Ada Suaranya

Pada dasarnya fungsi headset yang tidak berjalan secara maksimal disebabkan beberapa faktor. Penyebabnya bisa karena headset rusak atau pun masalah pada perangkat yang tersambung. Untuk mengatasinya, bisa dicoba dengan menerapkan cara-cara berikut:

👉 TRENDING:  6 Rekomendasi Aplikasi Penghasil Uang Dijamin Membayar Secara Halal

1. Mengecek Terlebih Dahulu Headset

Lakukan pemeriksaan secara detail pada headset yang tidak bersuara. Cara memperbaiki headset yang tidak ada suaranya ini merupakan langkah awal untuk menemukan penyebabnya. Lihatlah, apakah ada kerusakan pada headset atau tidak?

Masalah headset tidak bersuara, 70% disebabkan karena headset-nya rusak. Umumnya, ditemukan bagian kabel yang terputus. Pemeriksaan headset bisa dilakukan dengan langkah berikut:

  • Memeriksa konektor dan memastikan tidak ada bagian yang tertekuk atau pun melilit
  • Jika memang ditemukan kabel yang melilit/ tertekuk bisa langsung diperbaiki
  • Gunakan selotip untuk mengubah posisi kabel yang tertekuk
  • Jika ditemukan kabel yang terputus maka bisa dilakukan perbaikan pada area tersebut.
👉 TRENDING:  Cara Menggunakan Earphone Bluetooth beserta Kelebihan dan Kekurangannya

2. Memeriksa Bagian Port Headset

Headset yang tidak bersuara bisa terjadi karena ada masalah di bagian port. Periksa dengan teliti, apakah bagian port dalam kondisi baik atau tidak. Selain itu, pastikan port dalam keadaan bersih, terhindar dari debu dan kotoran.

Jika ditemukan kotoran yang menempel pada port, otomatis akan mengganggu koneksi headset. Bahkan, untuk kotoran jumlah banyak bisa membuat headset tidak terdeteksi. Bersihkan port dari debu dan kotoran.

Pembersihan bagian port bisa dilakukan dengan menggunakan cotton bud. Bersihkan secara teliti tanpa merusak bagian port. Sebagai catatan, pembersihan port tidak perlu menggunakan cairan apa pun.

👉 TRENDING:  Cara Memanggil Wither

3. Mengecek Pada Perangkat yang Tersambung

Jika headset dalam kondisi baik, maka masalahnya bisa saja pada bagian perangkat yang tersambung. Apakah headset sudah terkonfigurasi dengan perangkat secara tepat atau belum. Hal ini patut untuk dipastikan ketepatannya.

Selanjutnya, untuk headset jenis Bluetooth pun harus dipastikan bagian Bluetooth-nya sudah dalam kondisi On. Untuk beberapa kondisi, headset sebelumnya masih terdeteksi meskipun kondisinya sudah disconnect.

👉 TRENDING:  Cara Membuat Mind Map di Hp Menggunakan Aplikasi Ayoa

4. Memperbaiki Headset berikutnya Menggunakan Aplikasi Sounds About

Cara lainnya yaitu dengan menggunakan aplikasi Sounds About. Salah satu aplikasi yang fungsinya melakukan pengaturan pada Hp secara beragam, terkhusus setting yang berkaitan dengan suara. Untuk melakukannya bisa dengan cara:

  • Unduh dan install terlebih dahulu aplikasinya
  • Bukalah aplikasi Sounds About yang sudah terinstal
  • Pilih menu Connectable Device
  • Kemudian buka pengaturan Wired Headset
  • Akan tersaji beberapa opsi, lalu pilih menu Wired Headset Detection
  • Melalui pengaturan tersebut, headset bisa terdeteksi dan kembali normal.
👉 TRENDING:  Cara Menggunakan Paypal untuk Menerima Uang dan Keunggulan PayPal

5. Melakukan Restart Perangkat yang Terhubung ke Headset

Jika memang belum berhasil, maka lakukan restart pada perangkat yang digunakan. Pastikan headset masih terpasang pada perangkat. Hal ini dimaksudkan agar perangkat bisa mendeteksi dan melakukan koneksi ulang pada headset.

Untuk beberapa kasus, banyak yang berhasil mengatasinya dengan cara me-restart. Lakukan restart pada perangkat yang digunakan baik handphone maupun laptop. Selanjutnya, jika headset masih tidak bersuara, maka tanyakan pada ahli service elektronik.

👉 TRENDING:  Simak Cara Memperbaiki Youtube yang Tidak Bisa Dibuka

Demikianlah ulasan terkait cara memperbaiki headset yang tidak ada suaranya. Setiap tahapan bisa dicoba satu per-satu. Hindari penerapan cara di atas secara serentak. Hal ini ditakutkan menimbulkan kerusakan lainya pada headset atau pun perangkat.