Cara Mempercepat Koneksi Internet WiFi

7 Cara Mempercepat Koneksi Internet WiFi, Langsung Ngebut!

Internet menjadi kebutuhan pokok, apalagi pada masa pandemi. Banyak yang memasang jaringan WiFi di rumah agar internet lancar. Hal ini demi bersekolah dan bekerja secara online.

Cara Mempercepat Koneksi Internet WiFi

Jika koneksi lambat rasanya menyebalkan. Ada beberapa cara mempercepat koneksi internet WiFi yang bisa dicoba. Dijamin, koneksi internet WiFi langsung ngebut, berikut rangkumannya:

1. Atur Letak dan Arah Router

Penempatan posisi router sangat menentukan kecepatan koneksi internet WiFi. Letakkan router pada posisi strategis yakni ruang utama yang terbuka.

Karena dirancang dengan sistem nirkabel, maka jauhkan posisinya dari penghalang seperti dinding, lantai dan langit-langit.

Selain posisi penempatan, arah antena pada router juga mempengaruhi. Cara mempercepat koneksi internet WiFi dengan mengatur posisi antena mudah dilakukan.

Putar dan ganti arah antena router sampai menemukan posisi pas dan jaringan menjadi lebih kuat.

πŸ‘‰ TRENDING:  Begini Cara Mempercepat Upload File di Google Drive

2. Ubah Jenis Frekuensi dan Saluran Router

Seperti barang elektronik lain, router juga memancarkan gelombang elektromagnetik. Untuk itu, pastikan letak router berjauhan dengan barang elektronik lain seperti radio atau TV.

Hal ini bertujuan untuk menjaga frekuensi router tidak mengalami error.

Jaringan WiFi biasanya memiliki dua jenis frekuensi yakni 2.4 GHz dan 5 GHz. Jika posisi atau tempat router berdekatan dengan banyak barang elektronik, menggunakan frekuensi 5 GHz.

Selain frekuensi, pemilihan saluran router yang sepi pengguna adalah cara mempercepat koneksi internet WiFi yang tepat.

πŸ‘‰ TRENDING:  Inilah Syarat dan Cara Mengaktifkan Monetisasi YouTube

3. Batasi Jumlah Pengguna

Terlalu banyak pengguna pada satu jaringan akan membuat koneksinya lambat. Hal ini terjadi karena jumlah Gigabit akan dibagi rata pada semua pengguna yang terkoneksi.

Apalagi jika WiFi bocor dan digunakan oleh β€œorang asing”. Gunakan password untuk keamanan dan mencegah perangkat tidak dikenal terkoneksi.

Pada beberapa jenis router, pengguna bisa mengatur jumlah maksimal perangkat yang bisa tersambung. Izinkan hanya tersambung pada perangkat yang dikenal dan atur jumlah kuota jaringan yang ingin dibagi.

Cara ini bisa menghemat dan mengatur penggunaan jaringan WiFi.

Cara Mempercepat Koneksi Internet WiFi

πŸ‘‰ TRENDING:  5 Cara Menggunakan Airpods di Android, Mudah Sekali

4. Gunakan Aplikasi Heatmapping

Heatmapping merupakan salah satu software yang berfungsi untuk menemukan lokasi cakupan jaringan WiFi. Tujuannya untuk mengetahui dimana letak yang tepat untuk meletakkan router.

Dengan menggunakan aplikasi ini, letak router bisa disesuaikan untuk meratakan penyebaran jaringan WiFi di suatu lokasi.

5. Pakai Teknologi WiFi Terbaru

Selain masalah internal, koneksi buruk pada WiFi juga disebabkan oleh faktor eksternal. Penggunaan teknologi yang outdate bisa menjadi penyebab. Perbarui perangkat WiFi, router dan gateway ke standar terbaru.

Gunakan router dengan teknologi Intel WiFi 6 (Gig+) untuk kecepatan koneksi internet Gigabit yang lebih baik.

πŸ‘‰ TRENDING:  Cara Mengatasi FF Tidak Menanggapi

6. Lakukan Speed Test

Jika sudah melakukan cara mempercepat koneksi internet WiFi di atas tapi belum berhasil, bisa dengan melakukan speed test. Speed test bertujuan untuk mengetahui letak router pada koneksi WiFi.

Jika sudah dilakukan speed test tapi tetap gagal, maka kemungkinan masalah terletak pada provider. Tanyakan pada layanan pelanggan provider jika terdapat trouble jaringan.

πŸ‘‰ TRENDING:  Alasan Sinyal Hilang dan Cara Memperbaiki Penangkap Sinyal Hp yang Efektif

7. Pilih Provider Terpercaya

Gunakan provider penyedia layanan internet yang tepat. Provider populer dengan rekor baik tentu harga belinya tidak murah. Telkomsel contohnya, provider yang harganya mahal namun sebanding dengan koneksi internet yang lancar.

Menentukan provider disesuaikan pula dengan lokasi masing-masing.

Setelah mengetahui cara mempercepat koneksi internet WiFi di atas, kini tidak perlu kesal saat koneksi menjadi lemot. Temukan penyebab dan akar masalahnya.

Karena masalah pengaturan (faktor internal) atau masalah provider yang kurang kompeten (faktor eksternal). Dengan begitu bisa ditemukan cara penanganan yang tepat.

Demikinlah 7 Cara Mempercepat Koneksi Internet WiFi, Terima kasih sudah berkunjung di lif.co.id, Jika berkenan silahkan kunjungi artikel-artikel menarik dari kami.

Kata Kunci Penelusuran: