earphone bluetooth

Cara Menggunakan Earphone Bluetooth beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Cara menggunakan earphone bluetooth yang utama adalah saling terkoneksinya kedua perangkat dengan bluetooth. Meski beberapa earphone memiliki rentang koneksi hingga sepuluh meter, sebaiknya pengguna memakai earphone tanpa terhalang tembok atau sekat lainnya. Adapun tahapan penyambungan konektivitas tersebut agar earphone dapat memudahkan kebutuhan audio pengguna smartphone, yaitu:

Cara Menyambungkan Earphone Bluetooth ke Hp

Langkah memasang earphone bluetooth dapat ditemukan di buku petunjuk ketika pertama kali dibeli. Perbedaan cara yang ada karena perbedaan merek dari earphone bluetooth. Berikut ini juga dijelaskan tahapan yang bisa dilakukan, antara lain:

1. Memastikan Daya Baterai Terisi

Ketika memakai perangkat elektronik tanpa kabel, sebaiknya memastikan kapasitas baterai sudah penuh untuk digunakan. Beberapa earphone memiliki kapasitas berbeda-beda. Tentu saja akan lebih nyaman apabila pemakaian dapat digunakan sesuai kebutuhan pemakaian pengguna.

👉 TRENDING:  Cara Mempercepat Hp Android yang Lemot Tanpa Reset

2. Menyalakan Earphone

Earphone bluetooth ada yang untuk kedua kuping, ada juga yang digunakan hanya pada salah satu telinga. Tombol yang ada pada earphone adalah tombol multifungsi yang menangkap perintah dari gerakan tombol.

Untuk menyalakan earphone, pengguna dapat menekan tombol dan menahan tekanan tersebut selama tiga detik. Kemudian, earphone bluetooth akan menyala dan siap dipasangkan dengan perangkat.

👉 TRENDING:  Cara Sadap Whatsapp Jarak Jauh Tanpa Mendownload Aplikasi

3. Menyambungkan ke Hp

Ketika akan disambungkan ke perangkat, pengguna menyalakan mode pairing pada earphone agar sinyal bluetooth pada earphone mudah ditemukan.

Untuk menyalakan mode pairing pada beberapa merek earphone, caranya ditekan dan ditahan selama 5-6 detik. LED earphone akan menyala merah-biru dan akan berhenti menyala bila telah tersambung dengan perangkat bluetooth di Hp.

👉 TRENDING:  4 Cara Menggunakan Point OVO Berdasarkan Fungsinya dan Keuntungannya

4. Mengaktifkan Bluetooth Hp

Cara menggunakan earphone bluetooth ke Hp selanjutnya, melihat daftar perangkat bluetooth yang aktif. Lalu, pilih lambang headset untuk menyambungkan Hp ke earphone. Bila baru pertama kali dihubungkan, akan muncul kode pairing, kemudian pilih OK. Setelah beberapa detik, akan tersambung dan dapat digunakan.

Kelebihan dan Kekurangan Earphone Bluetooth

Dengan memakai perangkat elektronik tanpa kabel, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Misalnya, kapasitas earphone mendukung kebutuhan pengguna dalam hal audio seperti telepon maupun mendengar musik.

👉 TRENDING:  Definisi, Fitur dan Cara Membuat Soal Pilihan Ganda di Google Classroom Termudah

Berhubung koneksinya melalui bluetooth, maka pengguna sebaiknya tetap menyiapkan charger ketika perangkat akan kehabisan baterai.

Apabila baterai full, penggunaan earphone dengan volume sedang bisa bertahan hingga 2-3 jam. Sedangkan, jika pengguna tidak bisa sigap mengisi baterai, pengguna bisa menggunakan earphone berkabel yang dapat digunakan selama mungkin dengan kabel yang terus tersambung.

Akan tetapi, ketika kabel rusak atau putus, headset tidak dapat digunakan lagi.

👉 TRENDING:  Cara Memanggil Wither

Pengguna juga dapat memilih untuk menggunakan speaker bluetooth yang baterainya lebih memiliki baterai lebih banyak. Ada juga headset bluetooth yang memiliki kabel cadangan jika ingin disambung ke Hp.

Penggunaan aksesoris bluetooth kembali lagi pada kebutuhan yang ingin dilengkapi dengan memperhatikan baterai yang memadai.

Seringkali, pengendara mobil memanfaatkan headset bluetooth untuk mengangkat telepon ketika menyetir. Disarankan penggunaan seperti ini tidak dilakukan terlalu sering karena dapat mengganggu konsentrasi mengemudi.

👉 TRENDING:  3 Cara Membuat Subtitle di YouTube dengan Mudah

Jika konsentrasi pengemudi terganggu, dikhawatirkan terjadi kecelakaan lalu lintas atau kecelakaan tunggal yang dapat membahayakan pengendara.

Demikian informasi mengenai cara menggunakan earphone bluetooth ke Hp. Dengan memperhatikan kapasitas bluetooth dan kebutuhan pengguna, diharapkan aksesoris Hp ini dapat menunjang aktivitas komunikasi dan hiburan melalui ponsel bagi pengguna.

👉 TRENDING:  7 Alasan Kenapa WiFi Lemot Padahal Sinyal Full

Meski begitu, terlalu sering menggunakan earphone dengan volume kencang dapat berdampak buruk bagi pendengaran.

Kata Kunci Penelusuran: