cara mempercepat hp android

Cara Mempercepat Hp Android yang Lemot Tanpa Reset

Pengguna Android seringkali mendapati Hp nya dalam kondisi lemot yang membuat suatu kegiatan di dalam ponsel tersebut terganggu. Ada banyak faktor yang membuat Hp Android menjadi lemot yang salah satunya terjadi karena kelalaian pengguna. Ada beberapa cara mempercepat Hp Android yang lemot tanpa aplikasi apapun.

Cara Mempercepat Hp Android yang Lemot

Smartphone memiliki spesifikasi yang terbatas sehingga jika melampaui batasnya akan membuat kondisi yang lambat respon atau lemot. Pilihlah smartphone dengan spesifikasi yang tinggi ketika pengguna ingin menggunakannya untuk aplikasi dengan memori yang besar. Langsung saja ketahui cara mempercepat Hp Android yang lemot tanpa reset ulang, berikut ini:

1. Lakukan Mulai Ulang Secara Berkala

Langkah pertama yang dapat dilakukan oleh pengguna smartphone untuk menstabilkan kelancaran smartphone adalah dengan mulai ulang secara berkala. Smartphone harus di restart minimal sehari 1 kali agar bisa memulihkan penggunaan mesin yang cukup lama. Cara ini dapat mempercepat smartphone yang sedang lemot akibat keseringan digunakan.

👉 TRENDING:  Cara Membuat Mind Map di Hp Menggunakan Aplikasi Ayoa

Selain itu dengan memulai ulang smartphone dapat membuat Berhenti sejenak untuk beroperasi sehingga kembali ke suhu normal. Mematikan smartphone dalam waktu yang cukup juga bisa menghilangkan kelemotan yang ada.

2. Hapus Cache Setiap Aplikasi

Hapus cache setiap selesai menggunakan suatu aplikasi agar tidak membuat smartphone menjadi lemot. Semakin banyak memori cache yang tersimpan maka akan membuat memori smartphone menjadi penuh dan lemot. Untuk menghapus cache di setiap aplikasi dapat menuju ke info aplikasi yang digunakan kemudian akan ada pilihan untuk Hapus memori.

👉 TRENDING:  Begini Cara Mempercepat Upload File di Google Drive

Jika ingin langsung sekaligus di setiap smartphone memiliki pembersih memori yang bisa menghapus cache pada seluruh aplikasi. Gunakan aplikasi pembersih yang dipercayai dengan mendownloadnya melalui Play Store.

3. Upgrade OS Ketika Ada Versi Terbaru

Selanjutnya ada cara mempercepat Hp Android yang lemot yaitu dengan mengupgrade versi terbarunya. Upgrade OS ini tidak kerja di setiap bulannya, melainkan hanya beberapa waktu saja. Ketika adanya versi terbaru pastikan untuk selalu meng-upgrade segera agar tidak membuat smartphone menjadi lemot.

👉 TRENDING:  3 Cara Membuat Subtitle di YouTube dengan Mudah

Selain upgrade OS Pastikan semua aplikasi yang ada pada smartphone diperbarui sesuai dengan versi terbarunya. Jika aplikasi tidak diubah ke versi terbaru akan membuat penggunaan smartphone menjadi lemot dan mempersulit pekerjaan pengguna.

4. Bersihkan Home Screen

Membersihkan home screen adalah hal yang sangat mudah dan simple ketika pengguna sudah selesai menggunakan aplikasi. Home screen yang menumpuk hanya akan membuat smartphone menjadi lemot. Untuk itu pengguna dapat membuka homescreen terlebih dahulu kemudian menutup semua aplikasi yang selesai digunakan.

👉 TRENDING:  5 Cara Menggunakan Airpods di Android, Mudah Sekali

Membersihkan home screen sangat wajib karena dapat memakan ruang memori dan membuat penggunaan smartphone kurang stabil. Pada semua smartphone akan ada tombol untuk membuka home screen yang dapat dihapus ketika selesai penggunaan aplikasi.

5. Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Langkah terakhir yang menjadi solusi ketika semua cara di atas sudah dilakukan yaitu dengan menghapus aplikasi yang tidak terpakai. Di setiap smartphone banyak aplikasi yang diunduh untuk menyelesaikan pekerjaan tertentu. Dari semua aplikasi tersebut akan ada aplikasi yang tidak digunakan lagi namun tetap disimpan oleh pengguna.

👉 TRENDING:  Aplikasi Foto Bayi Kita - Prediksi Wajah Bayi Masa Depan

Untuk itu pengguna bisa menghapusnya dengan mangan instal aplikasi tersebut beserta data dan memori dari file. Cara ini sangat ampuh tanpa harus mereset smartphone yang membuat semua aplikasi terhapus.

Itulah beberapa cara mempercepat Hp Android yang lemot tanpa reset ulang dan membeli Hp baru. Memori yang penuh dan kurangnya perawatan dari pengguna akan membuat smartphone menjadi lemot. Untuk itu pengguna harus rajin membersihkan ruang memori yang tidak digunakan lagi pada smartphone.