WiFi Lemot Padahal Sinyal Full

7 Alasan Kenapa WiFi Lemot Padahal Sinyal Full

Berselancar di internet menggunakan WiFi tentunya sangat menyenangkan. Namun, lain halnya jika WiFi yang digunakan lemot, padahal sinyal dalam kondisi full.

WiFi Lemot Padahal Sinyal Full

Hal ini tentunya membuat banyak pengguna kebingungan. Berikut ini terdapat beberapa alasan kenapa WiFi lemot padahal sinyal full. Mari perdalam informasinya melalui ulasan berikut:

1.   Adanya Masalah Pada Koneksi Internet

Menggunakan WiFi dengan sinyal yang full, tapi masih tidak bisa mengakses internet? Jangan bingung, langkah pertama yang bisa dilakukan menemukan masalahnya.

Umumnya bisa disebabkan adanya permasalahan koneksi internet.

👉 TRENDING:  5 Cara Menggunakan Airpods di Android, Mudah Sekali

Lakukan pengecekan kecepatan internet dengan menghubungkan kabel Ethernet pada PC. Proses pengecekan bisa dilakukan secara online. Jika kecepatannya masih wajar dan normal, maka permasalahannya bisa saja pada router-nya.

2.   Terputusnya Kabel LAN

Alasan lainnya kenapa WiFi lemot padahal sinyal full bisa dikarenakan putusnya kabel LAN. Dalam hal ini, kemungkinan pengguna melakukan kesalahan pada kabel LAN yang terhubung untuk router.

👉 TRENDING:  Cara Membuat Akun Paypal Tanpa Kartu Kredit, Ternyata Gampang Banget! 

Jika memang belum paham betul terkait menghubungkan kabel LAN, maka minta bantuan pada ahlinya. Hal ini lebih aman dilakukan, sehingga terhindar menimbulkan masalah baru. pastikan kabel LAN terhubung secara tepat.

3.   Tata Letak Router yang Tidak Tepat

Selain itu, masalah lainnya bisa disebabkan tata letak router yang tidak tepat. Terdapat beberapa area yang harus dihindari untuk dijadikan penyimpan router.

Di antara tempat tersebut, mencakup ruangan tertutup, lantai, jendela, dan area yang dekat dengan elektronik.

Router hendaknya diletakkan pada area yang tinggi. Para pengguna bisa meletakkannya di atas lemari, meja dan semacamnya. Selain itu, pastikan router tidak diletakkan dengan jarak yang jauh.

👉 TRENDING:  Inilah Syarat dan Cara Mengaktifkan Monetisasi YouTube

4.   Pengguna WiFi Terlalu Banyak

Selama masih dalam jangkauan, router bisa digunakan siapa saja yang memiliki akses. Namun, pengguna yang terlalu banyak akan membuat WiFi menjadi lemot. Maka dari itu, pastikan kapasitas pengguna masih dalam batasan normal.

Penggunaan WiFi yang banyak dan terkoneksi secara bersamaan, maka akan sulit mendapatkan internet yang lancar.

Untuk mengatasinya, atur password kembali sehingga tidak dinikmati secara umum.

👉 TRENDING:  Cara Memanggil Wither

5.   Melakukan Pengunduhan Berkapasitas Besar

WiFi lemot juga bisa dikarenakan pengunduhan berkapasitas besar. WiFi dengan koneksi bagus, tentunya membuat pengguna betah untuk mengunduh game, film, dan sebagainya.

Namun, jika konten yang diunduh berkapasitas besar akan membuat koneksi menjadi lemot.

Untuk menikmati kelancaran berinternet, maka pengguna bisa menunda pengunduhan. Akses internet sesuai kebutuhan terlebih dahulu. Selanjutnya, pengunduhan bisa dilakukan pada kesempatan lain yang lebih luang.

👉 TRENDING:  Alasan Sinyal Hilang dan Cara Memperbaiki Penangkap Sinyal Hp yang Efektif

6.   Penggunaan Aplikasi Terlalu Banyak yang Dijalankan Bersamaan

Alasan lainnya yang bisa membuat WiFi lemot karena aplikasi yang terlalu banyak. Selain itu, penggunaan dalam waktu bersamaan pun akan membuat koneksi menjadi lemah.

Maka solusinya, pengguna bisa menutup aplikasi atau browser yang tidak terlalu penting. Utamakan aplikasi yang digunakan sesuai kebutuhan.

👉 TRENDING:  Cara Memperbaiki Foto yang Blur dengan Picsart Melalui Pengaturan 5 Fitur

7.   Menumpuknya Junk File & Cache

Selain itu, alasan kenapa WiFi lemot padahal sinyal full disebabkan tumpukan Junk Files & Cache pada perangkat. Hal ini akan membuat bandwidth banyak terpakai, sehingga koneksi menjadi lemot. Hal ini juga rentan terjadi serangan virus atau pun malware.

Maka dari itu, setiap pengguna disarankan untuk menghapus junk files & Cache secara berkala. Hal ini salah satu alasan yang tidak disadari banyak pengguna. Proses penghapusan bisa dilakukan melalui laman History perangkat yang digunakan.

👉 TRENDING:  5 Cara Memperbaiki Headset yang Tidak Ada Suaranya dengan Gampang

Demikian ulasan singkat terkait alasan kenapa WiFi lemot padahal sinyal full.

Terima kasih sudah berkunjung di lif.co.id, Pastikan untuk menemukan masalahnya terlebih dahulu. Selanjutnya, atasi dengan cara yang sesuai dan tepat. Jika memang sulit dilakukan, maka bisa meminta bantuan pada yang lebih ahli.